
INFORMATICS FESTIVAL X HMIF USK : Forging Ahead In The Digital Era Unveiling Tomorrow’s Innovations
Pada tanggal 23 hingga 26 Oktober 2024, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (USK) sukses menyelenggarakan Informatics Festival (INFEST) X. Acara yang mengusung tema “Forging Ahead in the Digital Era: Unveiling Tomorrow’s Innovations” ini menjadi ajang unjuk kreativitas dan inovasi teknologi, sekaligus wadah kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Dengan rangkaian kegiatan yang penuh inspirasi, INFEST X tidak hanya menyoroti perkembangan teknologi, tetapi juga mempererat solidaritas dalam komunitas Informatika USK.
Rangkaian Acara INFEST X
Pembukaan Meriah yang Penuh Makna
INFEST X dibuka secara resmi pada 23 Oktober 2024 di Aula Multipurpose FMIPA USK. Kegiatan diawali dengan registrasi peserta, diikuti pemutaran video trailer INFEST X yang memukau. Penampilan Tari Ranup Lampuan dari Sanggar Ceudah Rupa turut memeriahkan suasana, dilanjutkan pembukaan oleh Master of Ceremony, M. Syukri dan Shafa Disya. Selanjutnya, Farhanul Khair memimpin pembacaan ayat suci Al-Qur’an, diiringi paduan suara mahasiswa Informatika yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MIPA di bawah arahan Zalvia Inasya Zulna. Ketua Panitia, Muhammad Firdaus, dalam sambutannya menekankan pentingnya tema INFEST X yang menginspirasi generasi muda untuk berinovasi dalam teknologi informasi. Maskot acara, Aetheris, seekor burung hantu berbentuk robot yang melambangkan kecerdasan dan inovasi, juga diperkenalkan dalam pembukaan ini. Sambutan lain disampaikan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF), Ardian, Dekan FMIPA Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc. Pembukaan simbolis dilakukan dengan menancapkan tongkat sakti ke dalam box sebagai tanda dimulainya INFEST X. Acara ditutup dengan doa dan kunjungan ke stand Expo yang memamerkan karya inovatif mahasiswa Informatika.
Kompetisi yang Meningkatkan Kreativitas dan Sportivitas
Rangkaian lomba menjadi daya tarik utama INFEST X. Salah satunya adalah Mobile Legends Tournament, yang berlangsung sejak babak penyisihan pada 20-21 Oktober 2024 di AHK KUPI hingga final yang meriah. Selain itu, Computer Olympiad of INFEST (COINS) menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) berbasis web dengan penilaian Item Response Theory (IRT), menyajikan tantangan intelektual bagi para peserta.

Hari kedua INFEST X, 24 Oktober 2024, diramaikan oleh Speed Typing Competition, yang menguji kecepatan dan akurasi peserta mengetik. Dari lima gelombang penyisihan, hanya peserta terbaik yang melaju ke final. Kompetisi lain yang menarik perhatian adalah UI/UX Design Competition, yang dilaksanakan secara daring dengan penjurian oleh Aulia Nadila, MSc, pakar Human-Computer Interaction dari University of Nottingham, dan Hadi Shirath, alumni Informatika USK.

Wadah Inspirasi: Seminar dan Tech Talk
INFEST X juga menghadirkan dua agenda edukatif: Tech Talk bertema “Start Your Dream: From Idea to Startup” dan Seminar Nasional UI/UX bertema “UI/UX Combines with AI”. Tech Talk menghadirkan Jurnalis J.H., S.T., M.B.A., dari Indigo Space Telkom Aceh, yang memberikan wawasan tentang perjalanan membangun startup. Sementara itu, Seminar UI/UX, yang dilaksanakan via Zoom, dipandu oleh Aulia Nadila dan membahas integrasi desain UI/UX dengan kecerdasan buatan. Kedua acara ini berhasil menarik antusiasme mahasiswa dan profesional dari berbagai kalangan.

Penutupan yang Berkesan
Puncak acara berlangsung pada 26 Oktober 2024 dengan Seminar Nasional bertema “Dream Big – Strategies for Achieving Greatness”. Seminar ini menghadirkan Afra Moedya Abadi, tokoh inspiratif dari Clash of Champion Ruangguru, yang berbagi strategi meraih kesuksesan besar. Dalam suasana penuh motivasi, seminar ini menjadi refleksi penting bagi generasi muda. Setelah seminar, Closing Ceremony di Aula FMIPA menandai berakhirnya INFEST X. Acara diisi dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba, penampilan hiburan, dan pemutaran video after movie INFEST X yang mengabadikan momen berharga selama festival berlangsung. Penutupan simbolis dilakukan dengan mencabut tongkat sakti dari box, diikuti doa bersama yang dipimpin Muhammad Aufa Zaikra.
INFEST X mencatat berbagai prestasi melalui kompetisi yang diadakan, antara lain:
- UI/UX Design Competition: Azka Ayubi (UI/UX Master Award), Andrean Badar (Best User-Centric Design), DANA TEAM (Best Emerging Design), dan Anorganix Team (Best Campaign). Masing-masing pemenang mendapatkan sertifikat, sejumlah uang tunai dan Virtual Voucher by Surat Plus.
- COINS: Rasya Al Hawari (Juara 1), Ufairah Zalfa (Juara 2), Hanifa Raisa (Juara 3). Masing-masing dari pemenang diberikan Medali, Sertifikat Juara, sejumlah uang tunai, Voucher by A plus, Merchandise by A plus, dan Virtual Voucher by Surat Plus.
- Speed Typing: Shaldi Shauqi (Juara 1), Ghazi Maulana (Juara 2), Naufal Rifqi Ramadhan (Juara 3). Masing-masing pemenang diberikan sejumlah uang tunai, sertifikat juara, trophy juara, dan juga Virtual Voucher by Surat Plus.
- Mobile Legends Tournament: Tim Cepuh (Juara 1), Tim Darksystem (Juara 2), Tim Abang Tersakiti (Juara 3). Para pemenang diberikan sejumlah uang tunai + ribuan diamonds, sertifikat juara, trophy juara, dan jugaVirtual Voucher by Surat Plus.
Muhammad Firdaus, Ketua Panitia, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung INFEST X, termasuk dosen, staf, panitia, sponsor, media partner, dan peserta. INFEST X diharapkan menjadi tonggak baru inovasi di era digital, memotivasi generasi muda untuk terus berkembang dan berprestasi. Dengan semangat kebersamaan dan dedikasi, INFEST X sukses menciptakan momentum berharga untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan kolaborasi di bidang teknologi.
Sampai jumpa di INFEST berikutnya!
Oleh : Nudzulurrahmah dan Akhsania Maisa Rahmah – HMIF USK
Dokumentasi Kegiatan :
DAY – 1 :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAY – 2 :
|
|
|
|
|
|
DAY-3 :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
![]() |
![]() |