Jurusan Informatika Gelar Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum Outcome Based Education (OBE)



Banda Aceh, Sabtu, 03 Februari 2024 – Pada hari Sabtu tanggal 03 Februari 2024, Jurusan Informatika menggelar Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum Outcome Based Education (OBE) di Hotel Grand Permatahati, Banda Aceh. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran dari stakeholder dan alumni guna meningkatkan kualitas kurikulum yang ada.

Pukul 08.30 WIB, acara dibuka dengan penuh semangat oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan terutama dalam bidang teknologi informasi yang terus berkembang pesat.

Selanjutnya, Ketua Jurusan Informatika memperkenalkan kurikulum OBE yang menjadi fokus dalam acara tersebut. Para peserta yang hadir, terutama para pengguna lulusan (stakeholder) dari berbagai instansi dan alumni Informatika baik yang sudah berpengalaman maupun fresh graduate, diberikan pemahaman yang mendalam mengenai konsep OBE dan bagaimana penerapannya dalam kurikulum Jurusan Informatika.

Pemaparan dilanjutkan dengan pengenalan kurikulum dari masing-masing Program Studi yang ada di Jurusan Informatika, yaitu Program Studi Manajemen Informatika (D3), Informatika (S1), dan Kecerdasan Buatan (S2). Ketua kurikulum dari masing-masing program memberikan gambaran tentang struktur kurikulum yang telah ada dan potensi perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitasnya.

Peserta yang hadir, terdiri dari stakeholder dari berbagai instansi, alumni yang sudah berpengalaman, serta fresh graduate, turut memberikan pandangan mereka terhadap kurikulum yang ada. Para peserta aktif berpartisipasi dengan memberikan masukan dan saran yang berharga, berdasarkan pengalaman dan pandangan mereka masing-masing. Diskusi yang terjadi sangat dinamis dan konstruktif, dengan berbagai ide dan solusi yang diajukan untuk memperbaiki kurikulum yang sudah ada menjadi kurikulum OBE yang lebih relevan dan adaptif.

Acara berlangsung hingga pukul 16.00 WIB, diakhiri dengan kesan positif dari semua peserta yang hadir. Dengan adanya forum ini, diharapkan Jurusan Informatika dapat terus berkembang dan menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan industri dan perkembangan teknologi informasi yang pesat.