Visitasi Audit Internal Mutu (AMI) Siklus 15 Fakultas MIPA USK Berjalan Sukses



Banda Aceh, 14 Desember 2023 – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Syiah Kuala (USK) sukses menjalani proses Audit Internal Mutu (AMI) Siklus 15 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LP3M).

Audit Mutu Internal (AMI) merupakan bagian dari sistem implementasi penjamin mutu akademik internal (SPMI) yang terkait dengan audit, evaluasi dan monitoring terhadap seluruh program, kegiatan dan capaian kerja seluruh unit kerja di lingkungan Universitas Syiah Kuala. Kegiatan audit ini dilaksanakan setiap tahun oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Syiah Kuala (USK).

Sebelum dilakukan visitasi oleh LP3M, setiap prodi pada Fakultas MIPA USK telah melakukan pengisian berkas AMI secara online sebagai bagian dari persiapan menyeluruh. Langkah ini merupakan bukti komitmen fakultas dalam memastikan integritas dan kualitas proses pendidikan yang dijalankan. Visitasi audit internal ini melibatkan tim auditor yang terdiri dari ahli-ahli mutu pendidikan dan tenaga ahli bidang akademik. Tim auditor melakukan penilaian terhadap berbagai aspek, termasuk manajemen kurikulum, kinerja dosen, ketersediaan fasilitas, serta pencapaian target akademik.

 

Visitasi Audit Internal Mutu (AMI) pada fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dilaksanakan pada tanggal 01 Desember 2022 yang disambut hangat oleh dekan fakultas MIPA. Kemudian visitasi dilanjutkan ke masing-masing program studi di mana ketika visitasi tim auditor menyampaikan temuan dan rekomendasi mereka kepada pihak masing-masing prodi di fakultas MIPA. Evaluasi ini menjadi dasar untuk perbaikan dan peningkatan mutu yang berkelanjutan. Audit internal mutu adalah langkah penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan akademik. Melalui proses ini, Fakultas MIPA USK memastikan bahwa sistem pendidikan yang diterapkan memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh lembaga pengawas pendidikan.

Jurusan Informatika telah dilakukan visitasi oleh auditor AMI untuk mengecek kesesuaian dokumen yang telah diisi secara online. Kegiatan visitasi ini juga bermanfaat sebagai sarana diskusi untuk pengembangan jurusan Informatika lebih baik lagi kedepannya.