Membangun Karier Sukses Bersama GIT 2 HMIF USK



Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Syiah Kuala (HMIF USK) kembali mengadakan kegiatan sharing pengalaman melalui program kerja Guest Inspiring Talk (GIT) yang diselenggarakan oleh Departemen Pengelolaan Kesejahteraan Mahasiswa (PKM) pada hari sabtu, 16 september 2023 dengan tema “Build Your Future Career with Alumni Insights for Fresh Graduates”.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui live streaming pada media sosial Instagram @hmif.usk dengan mengundang seorang pemateri yang merupakan Alumni Informatika Angkatan 2018, Data Analyst, dan sedang mengambil pendidikan S2 di Universitas Binus, Rico Halim.

GIT 2 dipandu oleh salah satu mahasiswa Informatika Angkatan 2021, Nuzulurrahmah sebagai moderator. Kegiatan ini dimulai pada pukul 17.00 wib. yang meliputi sharing session dan juga tanya jawab antara pemateri, Rico Halim dan audiens GIT 2 yang mencapai ± 40 orang. Sesi tanya jawab juga berlangsung dengan sangat intens dengan dikarenakan audiens sebagian besar merupakan mahasiswa Informatika.

 

Sekilas Pertanyaan pada Sesi QnA

Audiens memberikan pertanyaan melalui kolom komentar yang selanjutnya akan dijawab oleh pemateri. Pertanyaan yang diberikan juga beragam, mulai dari pengalaman pemateri hingga perjalanan pemateri dalam membangun karir setelah lulus kuliah.

Beberapa pertanyaan yang diberikan oleh audiens yaitu, “Apa saja sih tantangan yang abang hadapi setelah lulus?”

Pada pertanyaan tersebut pemateri memberikan tanggapan yang sangat menarik yaitu “Kurang mendapatkan portofolio industry base dan harus mencari pengalaman diluar kampus, tantangan lainnya adalah kurangnya networking saat berkuliah dahulu dari program pemerintah contohnya seperti Bangkit, Studi Independen dan lain sebagainya. Pada masa aku berkuliah, program bagus tersebut baru ada saat aku sedang membuat skripsi, mungkin teman-teman yang ingin mendapatkan pengalaman industry base bisa ikut program pemerintah tersebut”.

Kemudian, terdapat pertanyaan dari audiens lainnya yaitu, “Bang, pernah takut dengan dunia kerja? dan bagaimana cara mengatasinya?”

Jawaban yang diberikan Rico Halim selaku pemateri adalah, “Takut it’s a normal things, bagaimana cara kita mengatasinya kita cukup percaya diri dan mencari pengalaman kerja dengan mengikuti magang untuk memenuhi portofolio.”

Masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan bersama pemateri GIT 2 yang diharapkan dapat memberikan banyak benefit bagi para audiens agar dapat mempersiapkan diri saat mencari pekerjaan setelah lulus kuliah serta mengikuti jejak pengalaman dari pemateri GIT kali ini.

Sampai Jumpa di GIT selanjutnya!

Link Arsip Live Instagram:

https://www.instagram.com/reel/CxQBmnayn56/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

By: T. M. Roy Adrian, Editor: Tassyirifiyya – HMIF USK

Dokumentasi Kegiatan: