Menjadi Finalis Lomba Aplikasi Mobile KiHajar 2019
Tahun ini, Muhammad Ridha, salah satu mahasiswa Jurusan Informatika angkatan tahun 2018 menjadi finalis untuk kategori umum bertema V-Lab dengan judul “Elektrokimia” pada Lomba Aplikasi Mobile KiHajar yang diadakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kegiatan tersebut dimulai sejak bulan April s.d. Agustus 2019 untuk tahapan pendaftaran dan pengumpulan karya. Kemudian untuk seleksi nominasi dilakukan selama bulan Agustus. Tahapan akhir yang harus dilalui adalah penjurian/grand final yang berlangsung di bulan September 2019. Penyerahan hadiah akan dilakukan di malam Anugerah KiHajar yang berlangsung pada bulan Oktober 2019.
Lomba Aplikasi Mobile KiHajar 2019
Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) memiliki tugas “Melaksanakan pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan”. Sehubungan dengan tugas dan fungsi BPMPK serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, BPMPK perlu mempublikasikan keberadaan dan fungsinya agar dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Salah satu strategi publikasi yang ditempuh oleh BPMPK adalah dengan melaksanakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar. Konsep utama diadakan lomba ini adalah “memberikan apresiasi pada berbagai pihak yang mampu berkontribusi dalam pengembangan aplikasi mobile edukasi dan pemanfaatannya”.
Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) smartphone, yang banyak digunakan dan dimanfaatkan masyarakat sebagai alat komunikasi. Namun BPMPK mencoba untuk memanfaatkan smartphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.
Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile edukasi, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut bernama “Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019” dengan 4 kategori, yakni
- Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
- Kategori Guru bertema mata pelajaran
- Kategori Umum bertema V-Lab, dan
- Kategori Umum bertema Game Edukasi.
Lomba Aplikasi Mobile Kihajar adalah lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet.
Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah.
Sumber: https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba/?mnu=pengumuman1